|

Laga Persib vs Persija Panas Dengan Supporter

Dalam pertandingan persib vs persija kemungkinan persib akan bermain menyerang. Disamping itu Tensi dan atmosfer pertandingan yang selalu panas, karena kerap dikait-kaitkan dengan perseteruan abadi kelompok suporternya, membuat kubu Persib Bandung melakukan sejumlah langkah antisipatif. Selain meminta pengawalan ketat, Persib sudah meminta Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Persija untuk menyiapkan kendaraan taktis (rantis) dan panser.

Sudah dilayangkannya permintaan pengawalan ketat, termasuk kendaraan lapis baja yang akan digunakan untuk proses “evakuasi” seluruh anggota tim jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan itu dibenarkan asisten pelatih Persib, Robby Darwis. “Ya, kita memang sudah meminta kepada Panpel Persija untk menyiapkan panser. Tapi, itu hanya antisipasi. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa,” kata Robby di Mes Persib, Jln. A. Yani Bandung, Jumat (29/10).

Dalam satu dekade terakhir, pertemuan Persija dan Persib, baik terjadi di Bandung maupun Jakarta memang selalu berlangsung dalam tensi tinggi. Aparat kepolisian pun selalu memberikan atensi lebih untuk pengamanan duel klasik yang kerap disebut sebagai “Derby of Indonesia” ini.

Untuk pertemuan kedua tim di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (30/10), Polda Metro Jaya sampai harus memajukan kick-off pertandingan dari pukul 19.00 WIB ke 15.30 WIB karena dinilai rawan jika dimainkan pada malam hari.

Untuk menghindari gesekan antarsuporter, Polda Metro Jaya pun sudah mengirimkan surat imbaun resmi agar bobotoh Persib tak datang ke Jakarta. Untuk pertandingan kali ini, “GM” mendapatkan informasi, Polda Metro Jaya harus menurunkan sebanyak 3.500 personelnya.

Imbauan RD

Dari Jakarta, pelatih Persija, Rahmad Darmawan pun menyadari tingginya tensi pertandingan ini. Karena itu, pelatih yang akrab disapa RD ini merasa perlu untuk mengeluarkan imbauan kepada The Jakmania, kelompok suporter Persija.

Kepada seluruh anggota Jakmania, RD meminta suporter fanatik timnya itu bisa lebih dewasa dalam menerima kedatangan Persib di Jakarta. Dengan begitu, pertandingan yang akan dilakoni pasukannya bisa berjalan dengan aman dan tertib.

“Bagaimanapun, kedewasaan suporter dalam memberikan dukungan sangat kita harapkan, sehingga bisa menghindari tindakan anarkis yang ujungnya bakal merugikan tim mereka sendiri,” ujar RD seperti dikutip goal.com, Jumat (29/10).

Ditambahkannya, fanatisme suporter memang sangat dibutuhkan demi mendongkrak semangat juang pemain di lapangan. Hanya saja, dukungan yang diberikan tersebut tidak boleh berlebihan yang berujung pada tindakan anarkis. Terlebih dengan kondisi perizinan yang sangat rawan bagi skuad tim berjuluk “Macan Kemayoran” untuk tampil di ibu kota. Terbukti, beberapa kali Persija harus terusir dan memainkan laga kandangnya di luar Jakarta.

Sumber : Galamedia

Leave a Reply

*

Blogger Garut Ads

Recently Commented

Statistik

Page Rank Check